Home » » Baterai Laptop Awet

Baterai Laptop Awet

Cara Baterai Laptop Awet.
  
banyak orang bertanya-tanya bagaimana cara agar battery laptop / notebook bisa awet. bisa dikatakan keunggulan laptop dari pada desktop adalah karena baterai nya, dengan kata lain nilai lebih notebook adalah karena portable, karena laptop bisa dibawa kemana saja dan bisa dibuat untuk mengerjakan tugas kapan saja. hal semua akan sia-sia jika battery notebook rusak, tak ubahnya desktop ketika akan mengejakan tugas lapto masih membuthukan listrik.

Baterai Laptop Awet
Baterai Laptop Awet
bila kita cari di google dengan kata kunci tips baterai laptop awet maka banyak cara yang ditawarkan teman-teman namun disini akan diterangkan cara paling penting agar baterai bisa awet. tulisan disarikan dari beberapa blog teman-teman tentang artikel cara baterai laptop awet oleh Onno W Purbo (Pakar IT).

Tips baterai notebook awet antara lain :

1. cas baterai baru pertama kali sampai penuh. pertama kali ketika membeli laptop pasti kita disuruh untuk melakukan cas baterai laptop hal ini agar baterai laptop terisi dengan penuh antara 3-4 jam. biasanya kita menyepelekan hal ini dalam arti kita benar melakukan cas namun kita juga melakukan instalasi langsung ketika melakukan cas tadi. seharusnya ketika melakukan cas laptop harus dalam keadaan mati. ini penting, dan banyak disepelekan orang.
 
2. baterai laptop jangan sampai kosong. ini merupakan perkara penting dimana keadaan baterai yang digunakan sehari-hari harus dicermati. jangan sampai baterai sampai kosong baru dicas, usahakan sisa baterai kira-kira 10% harus dilakukan cas ulang. perlu diingat lagi, biarkan laptop dalam keadaan mati ketika laptop dicas.

3. tatakan laptop harus rata. kebiasaan kita dalam sehari-hari menaruh laptop di pangkuan kita. kondisi seperti ini sangat merugikan laptop karena sirkulasi udara jadi terhambat, bayangkan jika hal ini terjadi selama berjam-jam dan setiap hari. perlu diingat musuh utama baterai adalah panas.

4. lepas baterai jika ada listrik. ini juga hal yang sering disepelekan, sehingga baterai laptop dalam kondisi over cas. pemakaian ini yang membuat baterai laptop penuh tapi dalam kondisi di cas. agas baterai awet lepaskan baterai jika di sekitar kita ada aliran listrik, dengan menggunakan aliran listrik secara langsung umur baterai jelas awet karena dalam kondisi tidak terpakai (saat itu). salah satu yang membuat baterai kehilangan usia adalah karena sering dicas.

5. bersihkan baterai laptop secara berkala. gunakan kain dan sedikit alkohol untuk membersihkan permukaan baterai yang berhubungan langsung dengan laptop secara berkala sehingga bersih dari debu.

semoga bermanfaat.

4 komentar:

  1. Balasan
    1. sama-sama dan terima kasih juga dah mampir

      Hapus
  2. klo kita pake laptop tanpa baterai, apakah merusak laptop gan.?
    ..trimakasih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. gak merusak laptop gan menurut pengalaman
      malah baterai awet marena ga dipake
      makasih dah berkunjung

      Hapus

Top Click

Cara Resetter Canon MP237

Arsip Blog

Diberdayakan oleh Blogger.